1. Internet Sharing

Internet sharing adalah kemampuan untuk melakukan sharing/berbagi koneksi internet. Dengan hanya sebuah saluran komunikasi (misalnya telepon) beberapa komputer bisa digunakan secara bersama-sama sekaligus untuk koneksi ke internet. Tentu biaya komunikasi (dalam hal ini adalah telepon) dan akses internet dapat dibagi ke semua komputer workstation sehingga biayanya leih murah.

Secara garis besar, komponen-komponen internet sharing adalah :

  1. Gateway
  2. Jaringan/LAN yang terdiri dari workstation-workstation
  3. Koneksi internet

1. Gateway

Komputer gateway (gateway=gerbang) digunakan sebagai penghubung antara jaringan/LAN dan internet. Biasanya menggunakan suatu perangkat lunak proxy (misal : WinGate) dengan fasilitas tersambung ke internet (dalam hal ini menggunakan dial up telepon). Kita cukup menggunakan satu IP Address yang dikenal/teregristrasi di internet dari ISP di mana kita mendaftar.

2. Jaringan/LAN

Terdiri dari komputer-komputer yang dapat terkoneksi ke internet melalui gateway secara bersama-sama. Komputer-komputer ini menggunakan IP private (IP yang tidak dikenal oleh internet/jaringan luar) misalnya menggunakan IP 10.x.x.x.

3. Koneksi internet

Metode yang digunakan untuk melakukan koneksi ke internet (dalam hal ini menggunakan dial up telepon).

CONTOH TOPOLOGI SEDERHANA

13

Perhatikan gambar di atas. Jaringan di atas terdiri dari empat buah komputer. Tiga buah di antaranya adalah workstation, masing-masing menggunakan IP private. Sedangkan gateway selain mempunyai IP private juga mempunyai IP address yang terdaftar di internet didapat dari ISP-nya.

2.Pengenalan WinGate

Wingate adalah program yang dapat digunakan untuk melakukan internet sharing di sistem operasi Windows selain juga mempunyai banyak fasilitas lainnya antara lain :

Proxy

Beberapa servis proxy internet yang penting :

Servis

Fungsi

Nomor Port (umum)

Web (www)

Mengakses web

80 / 8080

FTP (File Transfer Protocol)

Mengambil file

21

Telnet

Login ke komputer lain

23

RealAudio

Mendengar audio

1090

SOCKS

Servis yang interaktif (misal ICQ)

1080

Penerapan kebijakan/policy

Kita dapat mengatur beberapa kebijakan yang dapat diterapkan pada komputer client. Kebijakan itu terutama menyangkut masalah penggunaan servis proxy yang kita berikan, meliputi :

  • Penggunaan password pada komputer client untuk menggunakan servis proxy
  • Pembatasan-pembatasan pada user tertentu
  • Pembatasan-pembatasan pada servis tertentu

Caching

Dengan fasilitas ini maka kita dapat menyimpan halaman-halaman web yang diakses dari internet. Jika ada beberapa pengguna komputer client mengakses halaman web yang sama, maka WinGate hanya akan mengambil satu halaman saja. Selanjutnya pengguna lain akan memperoleh halaman web tersebut dari cache yang disimpan oleh WinGate. Caching dapat menghemat bandwidth ke internet dan mempercepat pemanggilan halaman web.

Dialer

WinGate mempunyai kemampuan untuk mendial ke internet dan membackup hubungan ke internet tersebut jika hubungan ke ISP yang pertama gagal.

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak fasilitas lainnya yang dimiliki WinGate. Silakan untuk membaca manualnya/HELP.

3.Internet Sharing Pada Linux

Secara garis besar, Internet sharing pada Linux meliputi :

§ IP Masquerade (masquerade = menyamar)

Sehingga yang terjadi di sini adalah penggunaan IP gateway (IP Internet) oleh komputer-komputer di jaringan (workstation) secara bersamaan, berganti-ganti dengan cepat.

§ IP Forwarding

Fungsi yang dilakukan di sini adalah memforward permintaan-permintaan workstation ke jaringan luar (misal : internet)

Untuk mengaktifkan internet sharing pada Linux, ada beberapa hal yang harus dilakukan :

  1. Konfigurasi kernel ATAU konfigurasi modul

Secara default, Redhat belum mendukung fasilitas internet sharing. Untuk itu dapat dilakukan dua cara, yaitu kompilasi ulang kernel ATAU melakukan load modul. Load modul dapat dilakukan dengan cara mengeksekusi beberapa perintah `modprobe`. Sedangkan kompilasi kernel dilakukan dengan mengaktifkan fasilitas IP Masquaerade.

  1. Mengaktifkan option IP forwarding (pada file /etc/sysctl.conf)
  2. Menggunakan aplikasi untuk IP forwarding (misalkan : ipchains)

Aplikasi ini digunakan untuk melakukan forwarding IP agar dapat menjembatani jaringan/LAN kita dengan internet.