Do’a merupakan senjata bagi orang mu’min dan tantanglah keterjalan hidup dengan do’a. oleh karena itu do’a merupakan senjata andalan hidup bagi kita semua,Do’a adalah Ibadah (pengabdian kepada Alloh), tanpa do’a sia-sia pula perjuangan kita dan manusia dalam menjalankan roda kehidupan tanpa di barenagi do’a akan sombong. Oleh sebab itu Al Faqih meriwayatkan dengan sanadnya dari Abu Hurairah ra. Berkata : Ada lima sikap penyebab terbukanya lima hambatan :

(1) Pandai bersyukur, pasti terbuka tambahan baginya “Alloh berfirman “Jika kau bersyukur, pasti KU tambahkan ni’mat bagimu”

(2) Berlaku Sabar, pasti terbuka pahala baginya “Alloh berfiman”Orang yang berlaku sabar, pahalanya dipenuhi dengan jumlah tiada terhitung”

(3) Bertaubat , pasti dikabulkan (diterima) “Alloh berfirman” DIA-lah yang menerima taubat hambaNya

(4) Beristighfar , pasti terbuka ampunan baginya”Alloh berfirman”Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sebab DIA Maha Pengampun.

(5) Berdo’a, pasti dikabulkan “Alloh berfirman”Berdo’alah KepadaKU , pasti AKU kabulkan”

Yazid Raqqasyi berkata : “Di hari qiamat, setiap manusia diberitahu tentang do’a yang tidak dipenuhi segera di dunia, kataNya : “Inilah pahala/balasan do’a yang sengaja ditahan (ketika kamu hidup di dunia), ia mengagumi besarnya pahala tersebut, sehingga ia mengharapkan semua do’anya hanya dib alas di akherat saja, tidak disegerakan di dunia. Demikian besarnya pahala do’a yang diberikan di akherat.

Ada seseorang minta do’a kepada Robi’atul ‘Adawiyah, jawabnya :”Semoga Alloh mengasihi engkau, berbaktilah kepadaNYA dan berdo’a, pasti DIA mengabulkannya, sebab DIA mengabulkan do’a orang yang tengah menderita/terjepit lalu mohon kepada NYA.

Dalam berdo’a kita harus berkaca diri, sebab Nabi Muda as. saja berdo’a agar Fir’un kala Jarak antara Do’a Fir’un di binasakan memakan waktu 40 tahun. Dari Ibnu Abbas, Rosul bersabda” Ketika kamu berdo’a maka angkatlah kedua tanganmu (caranya) telapak tangan di atas, jangan dibalik, kemudian diusapkan pada wajahmu jika sudah selesai.

Seoga kita senantiasa hidup penuh dengan do’a dan mendo’akan

doa

Iklan